Mereguk Alam Raya

October 17, 2017

Citra dihadirkan dari masa ke masa untuk terus menembus setiap batas cakrawala. Dalam sebuah citra tak hanya ada mata. Melainkan gerak alam. Rupa, suara, rasa, aroma, makna. Semua melesap ke dalam pori sukma raga. Merasai alam dan mereguk semilirnya adalah aktivitas menikmati sasmita dengan seluruh indera.
Berseni adalah berekspresi tanpa batas. Ketakterbatasan itu dihadirkan oleh alam, jagat, raya. Hingga batas berekspresi adalah batas alam itu sendiri. Boleh jadi inspirasi datang dari ruang setitik noktah. Tapi tidakkah untuk menghadirkan noktah yang mahaalit itu, imaji harus dilepas ke alam raya? Berseni adalah menjadi seluas alam.

Alam juga menyimpan misteri. Sebanyak yang disimpan seluruh noktah yang dikandungnya. Merupa bukanlah usaha untuk menguak misteri-misteri tersebut. Melalui citra, kehadiran misteri itu justru semakin jelas. Bahkan sebagian besar orang menghabiskan hidup untuk menemukan misteri demi melenyapkannya. Tapi lantas, apakah alam menyediakan jawaban atas dirinya sendiri?


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

His Rhyme

His Rhyme
gave me the strength