Cintaku Lewat Puisi

June 03, 2012

              Gue Ray, cowok kelas 1 SMA Tunas Harapan. Baek, rajin, selalu ngerjain PR, berprestasi, ya… bisa dibilang pinter, kata ibu gue sih ganteng, temen? banyak, and good boy udah jadi takdir sejak gue lahir. Nulis, gue banget. Dan nggak harus orang hobi nulis itu cupu dan kutu buku, kan?

              Good boy pun, pasti punya kelemahan. Gue, pemalu banget sama cewek. Nggak tahu kenapa kalau deket cewek, gue grogi banget. Kayak ada kekuatan magis yang maksa gue buat gelagapan di depan kaum hawa. Makanya, 90% temen gue cowok.
              Nah, yang jadi masalah setahun ini, gue naksir cewek. Sejak pertama masuk SMA ini. Temen sekelas gue, Putri namanya. Udah baek, cantik pula. Gue gak berani buat ngungkapin perasaan gue ke dia. Gak berani tuh sama dengan malu gak, sih? Ah, terserah deh. Jadi, gue bingung. Masak dua tahun mendatang kayak gini terus?! Bisa sampek lulus, gue masih nyisain ganjelan di sekolah ini.

             “Kukuruuyuuu...kk!!” Loe pernah denger gak, ringtone beker bunyinya kukuruyuk?
              Jam setengah tujuh kurang lima menit, biasa... rutinitas pagi dari umur gue 5 tahun sampek sekarang. Apalagi kalau bukan sekolah. Gak jauh, tinggal kaki 5 menit. Gue kan suka budaya sehat. Haha, emang loe percaya, jalan kaki 5 menit bisa bikin sehat?
              “Woey, choy! Gimana sepak bola kemaren?” Eh si Rudi, gue baru dateng nanya bola.
              Gue jawab ala kadarnya, “Gak tahu, gue gak nonton. Mana yang laen?” Gue celingukan ke sana ke mari.
              “Tuh,” Rudi nunjuk pake dagunya ke arah gerombolan pemuda SMA yang pada ngakak di jalan.
              Temen-temen gue punya rasa solidaritas tinggi. Di mana pun mereka nongkrong, it’s OK buat mereka. Ini aja ngobrolnya di gerbang sekolah.
              “Morning, Bro! Oh ya, gimana ceritanya loe sama si Putri? Udah nyampek mana?” Toni nanya yang enggak-enggak.
              “Nyampek apanya? Orang gue start aja belom!” Jujur nih gue.
              “Ya ellah... jadi dari dulu loe belum nembak tuh cewek?” Toni nanya lagi, tapi gayanya udah kayak orang kebanjiran.
              “Gila loe, main tembak tembak aja. Loe kan tahu gue anaknya pemalu banget sama cewek?” Gue mulai kesel.
              “Pemalu apa gengsi nih, Mas...,” Randy nyahut sambil pasang tampang cengar-cengir gak jelas.
              “Ray, Ray, tuh, si Putri lewat tuh!” Irsad nunjuk-nunjuk sambil nggoyang-nggoyangin pundak gue.
              Gue noleh lurus ngikutin telunjuk Irsad. Oh My God, Putri. Duh, malu banget nih. Harus ngapain ya? Selalu gini kalo ketemu dia. Bingung, salah tingkah gue.
              Putri terus berjalan dengan gayanya yang anggun. Tapi kok sudut langkahnya makin ndeketin gue sih. Pas di depan gue, dia buka mulut, “Pagi Ray.” Dia nyapa gue dengan senyumnya itu loh, yang bikin gue gelagapan.
              “Eh, eh, pa, pagi juga.” Gue kok jadi gagap gini ya?
              “Emm... ya udah, gue duluan ya?” Dia melanjutkan langkahnya ninggalin gue yang masih di atas awan.
              “Wah, gimana sih loe Ray? Kok loe malah kayak ayam kena flu babi gitu, depan Putri?” Giman ngatain gue.
              Disambung Toni, “Mestinya tadi langsung loe tembak aja tuh si Putri!”
              “Sinting loe?!” gue bales singkat dan padat. Setelah mereka diem, gue ngelanjutin, “Harusnya loe semua tuh bantuin gue, nggak malah mojokin gue kayak gini!” Gak tahan lagi gue ngomongnya.
              Lama... banget kita diem. Nggak tahu deh, diemnya mereka karena lagi mikir atau malah melayang-layang dengan imajinasi mereka sendiri. Di saat itu juga, sobat gue Giman mulai angkat bicara, “Gue tahu! Loe harus ngasih dia bunga!”
              “Hei Man... gue nyapa dia aja deg-degan, ini malah ngasih bunga.” Gue tolak idenya.
              “Hm... berarti loe ini tipe cowok yang cemen banget ya?” Makin geregetan gue sama dia.
              “Gimana kalo loe bikin surat aja ke Putri? Loe tahu nggak waktu gue nembak si Santi tuh, modal surat doang...,” giliran Randy nyalurin idenya.
              “Tapi kan waktu itu loe ditolak.” Bibir Randy manyun. Kayak gue gak inget aja pas Randy nangis-nangis meluk gue, cintanya ditolak. “Lagian, loe kira ini jaman 80-an? Ogah ah! Ntar gue dibilang norak lagi sama Putri?!”
              “Loe suruh aja anak kelas sebelah buat bilang,” Giman ngomong lagi. Emang dia yang paling cerewet di antara kami.
              Mendengar idenya, kening gue mengkerut. Antara jengkel dan nggak ingin marah. “Man, emang sih gue nih nggak gentle, tapi gue masih punya harga diri, Man!” jawabku setengah teriak berusaha menahan emosi.
              Dengan tersentak kaget, wajahnya memelas. “Ya maaf....” Suasana mulai panas.
              Pada saat itu juga, Toni yang emang dari tadi tampak serius, ujuk-ujuk ngagetin kami. “Puisi, man! Puisi!!!” Dia berseru sambil nunjuk-nunjuk muka gue. Dengan wajah heran, kami semua memandanginya. Terdiam, membiarkan Toni ngelanjutin omongannya.
              “Loe harus buatin dia puisi! Loe kan jago nulis tuh. Nah, ntar tempelin deh tuh di mading skul kita. Gimana?” Gayanya yang sok bikin gue mual. Tapi nggak diragukan lagi, dia selalu punya ide-ide cemerlang. Sejenak gue berpikir dan mempertimbangkan, nggak ada salahnya sih dicoba.
              “Teet... teet... teettt....”
              Kami segera masuk kelas, sebelum gerbang ditutup. Memulai pelajaran dengan perasaan gundah.
              “Puisi ya?” Suaraku bergumam, masih memikirkan solusi Toni.
              “Waktu istirahat buat jajan, malah disuruh nganterin buku ke perpus. Mana banyak banget lagi!” gerutuku sepanjang koridor.
              Tanpa sepengetahuan gue, seseorang ngikutin gue dari belakang. “Ray!” panggilnya.
              Waduh, si Putri! Badan gue langsung adem panas. Gue berhenti.
              “Emm... gue bantuin ya? Ke perpus, kan? Kayaknya, itu berat deh,” lanjutnya sambil nunjuk buku-buku yang masih di tangan gue.
              “Ng... nggak usah Put, makasih ya?!” Akhirnya gue nolak bantuannya. Dengan langkah malu-malu dan sempoyongan, gue lanjutin perintah Pak Jodhy buat ke perpus. Sempet gue noleh belakang, muka Putri masih bingung. Padahal dia selalu deketin gue. Bodoh banget emang gue! Nyoba buat ngilangin sifat grogi gue, udah sering banget. Tapi hasilnya, masih kayak gue sebelumnya.
             Sampek rumah, pikiran gue kesita sama omongan Toni tadi pagi. Sambil mandangin tropi dan piala di kamar, hasil keringat gue nulis. Gue mikir, puisi ya, jadi gue harus buatin dia puisi? Iya juga sih, kenapa nggak kepikiran dari dulu coba?! Secara, gue suka banget nulis. Ini bakal jadi the door of love buat gue.
              Pagi-pagi banget, gue udah pasang surprise. Tadi malem, gue lembur buat nyiapin jiwa gue yang bakal ambruk atau tetap berdiri kokoh.
              Pas istirahat, anak-anak pada nggrombol, rame banget. Di sana juga nongol temen-temen gue, si Randy yang jinjit-jinjit, dan di sana juga ada... Putri! Mati gue, jantung gue. Ah, gimana sih, kok jantung gue nggak konsisten. Tadi malem mantep, tapi sekarang melorot. Ya iyalah, kalo Putri gak liat ke sana, percuma dong.
              Di sana itu, mading sekolah. Tempat gue nempelin penentuan hidup mati gue, cinta gue, puisi yang udah gue buat dari dalam jiwa gue. Kelihatan dari sini, mereka semua ketawa ketiwi meragain Romeo Juliet. Aduh, ini mah malah bikin gue malu 1000 kali lipat. Tapi gue harus ngelawan sifat jelek gue ini!
              “Oh Putri... wajahmu seperti bulan...”
              “Putriku sayang... loe mau gak jadi cinta gue...”
              “Putri... I love you....”
              Ejekan konyol mereka bikin kuping gue sakit. Tapi ini malah bikin semangat cinta gue bangkit. Gue bakal tunjukin ke mereka kalo gue bakal dapet cinta Putri.
              Tiba-tiba, si Randy udah nongol pinggir gue. “Sinting loe Ray, gak nyangka loe beneran nerima usulan si Toni. Bentar lagi, loe pasti disamperin bidadari loe...”
              “Ray....” Gue terbengong.
              “Tuh kan?!” Randy melotot ke-PD-an. “Ya udah, gue duluan, Ray!” Randy pergi ninggalin kami berdua yang masih bengong. Ternyata pas ngadepin langsung, bener-bener bikin nyali ciut.
              Dengan ragu, dia mulai bicara, “Em... puisi yang di mading itu...,” belum sempet dia nyelesain kata terakhirnya, gue udah...
              “Iya, Put. Yang loe baca di mading itu, emang bener perasaan gue ke loe. Gue suka sama loe, sejak masuk SMA ini. Selama ini, gue nyembunyiin grogi gue pas ketemu sama loe dengan cara ngehindarin loe. Tapi detik ini, gue mau ngilangin sifat grogi gue.” Hosh... hosh... hosh.... Gak nyangka gue bisa muntahin kalimat segitu banyak ke dia.
              “Em... gue ke sini emang mau njawab puisi loe....”
              Gue Cuma diem, nunggu satu kata yang bisa bikin gue melayang terbang bebas di angkasa. Bentar lagi, dia buka mulut dan...
              “Iya.” Ouw... kata itu yang gue tungguin.
              “Hah, gue bener-bener gak bisa ngomong lagi Put.” Kosong pikiran gue.
              “Maksud loe, habis ini loe bisu?” Gak nyangka bisa ngelucu juga, dia.
              “Haha, gue nggak cuman bisu habis ini. Tapi gue bakal tuli, buta, lumpuh...”
              “Ssstt....” Dia nempelin telunjuknya ke bibir gue, dan langsung meluk gue.
              Gue udah buktiin ke semua orang bahwa gue, sang Raja Grogi ini, juga bisa dapet cinta. Mereka tak tahu bahwa di tengah tawa ejekan mereka, bersemi cinta sepasang makhluk Tuhan yang membuat mereka diam membisu. Terbuai dalam cinta kami. Semua ini juga berkat temen-temen gue. Thanks my friends!
              “Oh ya Ray, kenapa sih nggak langsung ngomong aja ke gue?” pertanyaan Putri bikin gue cengar-cengir.
              “Kalo nggak gini, loe nggak bakal tahu tulisan indah gue, kan?”
              “Uh, dasar loe! Haha....” Tawanya menggema di relung hati ini.

Apa Jawabmu
Sudut luas membentang indah
Mengantar angan dan khayal sosokmu
Indah tanpa batas, mengetuk pintu mengisi ruang
Tanpa kata aku bicara
Menatapmu begitu tanpa daya
Hanya diam termenung di sini
Andai kau tahu....

Apa jawabmu saat merah mendekatmu
Apa jawabmu ketika panah Sang Arjuna menusukmu
Apa jawabmu saat kau dengar lagu cinta mengalun merdu
Dan bila hati mengucap, “Putri, I love you”
Tetap termenung di sini menanti jawabmu

Ray

              Secarik pesan surga yang mengantarku menuju pintu cinta. Berdiri tegak penuh pesona di balik tebalnya dinding kaca papan SMA 1 Tunas Harapan.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

His Rhyme

His Rhyme
gave me the strength